Kompilasi Mozilla Firefox 5.0

Baru saja Mozilla merilis versi terbaru dari internet browser mereka, Mozilla Firefox 5.0. Internet browser yang katanya membawa banyak perubahan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Salah satu yang menarik saya untuk mencobanya adalah penurunan konsumsi memori (RAM), yang membuat proses browsing tidak terlalu membebani komputer, alias tidak berat digunakan.

Pasti netter sudah tidak sabar untuk mencicipi bagaimana kemampuan dari browser ini. Untuk pengguna Windows tinggal download saja file “exe” yang disediakan, untuk pengguna Ubuntu mungkin sudah tersedia di repositorynya. Bagaimana dengan Slackware? Tidak ada.

Eits, jangan menyerah dulu, pasti bisa kok. Bisa dengan cara akal-akalan seperti yang pernah saya tulis sebelumnya di sini, atau mengkompilasi sendiri kode sumber (source code) dari Mozilla. Bagaimana caranya?

Saya sendiri juga tidak bisa. Haha..😆 Tapi jadi punya sedikit kekuatan ketika saya memasukkan DVD Slackware 13.37 ke DVD drive, tepatnya di lokasi source/xap/mozilla-firefox. Di dalam folder ini ada kode sumber Mozilla Firefox versi 4.0 dan lain-lain, beserta SlackBuild script-nya. Nah, bisa dipinjam dari situ. Dengan sedikit ubahan pada SlackBuild script-nya kita dapat mengkompilasi sendiri browser ini, tentunya dengan mengunduh terlebih dahulu kode sumber Mozilla Firefox melalui link ini.

Peralatan tempur yang dibutuhkan:

Setelah mendapatkan semua file yang dibutuhkan, tempatkan di dalam satu folder (firefox, misalnya). Sekarang waktunya mengubah sedikit konfigurasi dari Slackbuild-nya. Cukup ubah deklarasi “MOZVERS” dari “2.0” menjadi “release”. Kenapa “release”? Jawabannya, karena ketika diekstrak kode sumbernya menghasilkan folder “mozilla-release”.🙂

Setelah diubah, pastikan permission SlackBuild boleh dieksekusi, lalu lakukan eksekusi, seketika proses dimulai. Prosesnya cukup lama, bisa 30-40 menit, tergantung dari spesifikasi komputer yang kita miliki. Nah, waktunya untuk menunggu proses selesai, bisa juga Anda gunakan untuk membuat secangkir kopi + menghisap rokok (bagi yang merokok) secukupnya.🙂

Melihat ada sedikit error saat proses berjalan? Sama, saya juga. Mungkin semestinya ada konfigurasi yang ditambahkan, karena beda versi, fiturnya juga berbeda, dan harus ada konfigurasi yang diubah. Tapi, paketnya tetap berhasil dibuat kok, dan bisa digunakan untuk meng-upgrade browser kita yang lama.

Di bawah ini screenshot hasil kompilasi:

Setidaknya ini cuma untuk sementara, selagi menunggu update resmi dari Slackware, kita bisa mencicipi browser terbaru dari Mozilla. Hehehe..

=-=-=-=-=
Powered by Blogilo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: