Bersih-Bersih Menggunakan Bleachbit

Pernahkah komputer Anda terasa berat, lelet, dan tidak mau diajak lari-lari? Saat kita memberi perintah untuk “lari” kepada komputer, sang komputer hanya mentok jalan cepat, atau bahkan cuma bisa ngesot. Pasti sangat menyebalkan, membuat kepala kita panas dan ingin melepaskan tendangan kungfu ke arah komputer kita.. Haha, hanya becanda..😆

Setiap komputer, apapun sistem operasinya pasti tidak akan lepas dari file temporary, backup, dan lain-lain yang justru membuat komputer menjadi lelet. Bersih-bersih adalah solusinya. Eits, tapi jangan terburu-buru mengambil kemucing dan sapu untuk membersihkannya. Yang harus dibersihkan adalah filefile sampah (temporary, backup, cache, dan lain-lain) itu. Tersedia cukup banyak software yang berfungsi untuk melakukan proses bersih-bersih yang dimaksud, ada yang berbayar, ada yang gratisan (free). Salah satu yang termasuk dalam kategori free adalah “Bleachbit“.

Bleachbit adalah software untuk menghapus filefile yang tidak diperlukan dan menumpuk di harddisk komputer kita. Cara kerjanya mirip TuneUp 1-Click Maintenance milik TuneUp Utilities yang merupakan produk berbayar, alias harus beli. Bleachbit dibuat menggunakan bahasa Python, dapat digunakan di sistem operasi Ms. Windows dan Linux, serta bersifat open source.

Cara menggunakannya juga mudah, karena menggunakan Graphical User Interface (GUI). Tinggal centang yang mana yang ingin dibersihkan, lalu tekan “Delete“.😀

Bagi Anda yang ingin mencoba, dapat langsung mengunjungi situsnya di link ini. Beberapa screenshotnya bisa Anda lihat di link ini. Saat ini, Bleachbit sudah mencapai versi 0.8.7, jika Anda ingin mendownloadnya tanpa pikir panjang lagi, Anda bisa menggunakan beberapa link ini: Windows, Linux, dan source code.

Sekian saja, selamat bersih-bersih..:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: