Mencari Paket yang Terinstall di Slackware

Slackware merupakan distro GNU/Linux yang sangat menarik. Bukan hanya karena nama besar Slackware itu sendiri, namun juga manajemen paket yang unik. Untuk menginstall program di Slackware pengguna diharuskan benar-benar mengerti apa yang akan diinstall. Salah satunya adalah mengenai keterkaitan antarsoftware (dependency).

Slackware tidak akan menawarkan Anda pencarian dan download dependensi otomatis, Anda sendiri yang harus mencarinya. Slackware hanya akan memberitahukan paket apa yang kurang dan harus diinstall agar software yang bersangkutan dapat berjalan dengan benar. Sebenarnya saat kita akan mendownload suatu paket baik sudah berupa paket (tgz/txz) maupun dari source code, kita akan diberi tahu paket/library apa saja yang harus terinstall dahulu di komputer kita.

Nah, untuk mencari paket/library apa saja yang sudah terinstall di komputer kita, bisa dicek dengan mencocokkan nama paket yang dibutuhkan sebelum kita mendownloadnya dengan daftar di folder: /var/log/packages. Ini bertujuan agar Anda tidak perlu mendownload paket yang ternyata sudah terinstall (tidak mubazir).

Salah satu caranya adalah:

  • Bila lebih dari satu: $ ls -l /var/log/packages | grep ‘nama-paket-1\|nama-paket-2\|dan-seterusnya’

  • Bila hanya satu: $ ls -l /var/log/packages | grep nama-paket

Cocokkan yang tampil di terminal dengan yang dibutuhkan beserta dengan versinya. Bila nama paket yang Anda masukkan tadi menghasilkan output mengenai nama paket dan versinya, dan sesuai dengan yang diperlukan, Anda tidak perlu mendownload lalu menginstallnya. Bila tidak ada output, maka berarti paket itulah yang Anda butuhkan, dan harus Anda download lalu diinstall.

Memang cara ini cukup menyita waktu, namun demi kelancaran, sebaiknya dilakukan. Anda pasti tidak ingin software yang benar-benar Anda butuhkan berjalan tidak maksimal gara-gara kurang paket dependensinya, atau bahkan tidak bisa diinstall (ngambek). Haha..

Semoga bermanfaat..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: