Linux Bukan Hanya Sekedar

Linux saat ini sudah menjadi sistem operasi komputer yang sangat besar dan memiliki banyak pengguna setia di seluruh dunia. Linux yang dulunya disebut hanya sebagai sistem operasi alternatif Microsoft Windows, sekarang telah menjadi sistem operasi andalan.

Ya, Linux saat ini menjadi sistem operasi andalan di seluruh dunia. Terbukti, sebagian besar superkomputer menggunakan OS ini sebagai perangkat lunaknya. Mereka tidak akan menggunakannya bila memang Linux tidak handal dan fleksibel. Apapun distronya, kernelnya tetap Linux dan software di dalamnya dari projek GNU, yang berarti perangkat lunak tersebut open source.
Mungkin saat ini masyarakat Indonesia masih berkutat dengan sistem operasi milik Microsoft, yang selalu dianggap lebih mudah digunakan. Namun, harga yang berbicara, untuk mendapatkan sistem operasi Windows, konsumen harus merogoh kantong dalam-dalam.
Sebenarnya, GNU/Linux bukanlah sistem operasi yang sulit digunakan. Mudah, semuanya bahkan tersedia sangat lengkap di sini. Kendalanya hanya masalah kebiasaan, masyarakat tidak terbiasa dan bahkan tidak mau untuk mencoba. Menganggap GNU/Linux sebagai sistem operasi “orang gila“, yang harus dioperasikan menggunakan Command Line Interface (CLI) dan berbagai kesulitan lainnya. Setidaknya, itu yang diucapkan teman-teman saya.
Faktanya, Linux saat ini menyajikan apa yang pengguna inginkan. Graphical User Interface (GUI) di Linux tidak kalah menawan dibandingkan dengan Windows, bahkan bisa lebih mengagumkan. Beberapa di antaranya GNOME, KDE, Xfce, LXDE, dan lainnya. Dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Sangat menggugah selera berkomputer ria. Untuk bekerja, mengerjakan tugas kuliah/sekolah, bahkan bersenang-senang dengan fitur multimedia.
Saat ada kesulitan dengan CLI, mungkin mengedit sedikit konfigurasi sistem, ada teman, forum, Google/Yahoo/Bing untuk menyelesaikan masalah. Tentunya dengan mencari, bertanya, dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah usaha kita dalam menyelesaikan masalah. Setidaknya itu sama saja dengan apa yang pengguna Windows biasa alami.
Distro Linux sangat banyak, sangat fleksibel, dan mudah digunakan. Apapun spesifikasi komputer Anda, mulai dari komputer kelas wahid hingga komputer lawas/jangkrikpun dapat dijalankan dengan sistem operasi ini. Tinggal menyesuaikan dengan distro yang memenuhi spesifikasi minimum untuk digunakan di komputer, laptop, bahkan netbook Anda.
Saat Anda memerlukan software untuk office ada OpenOffice.org, LibreOffice, dan KOffice. Untuk browsing ada Mozilla Firefox/Iceweasel, Google Chrome/Chromium, Epiphany, Konqueror, Opera, dan lain-lain. Untuk chatting ada Pidgin, Empathy, XChat IRC, dan lain-lain. Untuk olah gambar seperti Photoshop dan Corel, ada GIMP dan Inkscape. Memerlukan aplikasi CAD dan 3D? Ada Freecad, QCad, dan Blender (3D). Aplikasi multimedia ada Totem, VLC, Rythmbox, Amarok, Kaffeine, dan lainnya. Butuh untuk utak-atik kode pemrograman dan webpun lengkap, ada GNU Emacs, VIm, Codelite, Bluefish, dan lain-lain. Lalu, apa lagi? Game? Tersedia cukup banyak, dan game untuk Windowspun banyak yang bisa dijalankan dengan menggunakan Wine.
Sudah sangat lengkap bukan? Selengkap yang Anda inginkan. Bahkan Anda bisa berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan program tersebut apabila Anda memiliki keahlian bahasa pemrograman dan waktu luang untuk utak-atik program tersebut.
Mungkin cukup itu saja promosinya. Hehe.. Monggo dicoba, siapa tahu kecantol..🙂

9 Balasan ke Linux Bukan Hanya Sekedar

  1. Mr. Gondrong mengatakan:

    >@ naughtyric: keamanannya relatif lebih baik, karena biasanya kita login sebagai user, bukan root. Hehe..

  2. naughtyric mengatakan:

    >mantap gan artikelnya, linux mmang OK sistem keamanannya lbih OK dan aman dari virus🙂

  3. BeritaBangsa mengatakan:

    >haha, its nice, hey, u wanna a cheap gadget, check this out…cheap gadget for U

  4. Mr. Gondrong mengatakan:

    >@ amPuzz: benul itu.. hehe.. :)@ Adi Waskita Dharma: siapa tau nanti Winduts bisa open source juga.. haha..Makasih sdh mampir..

  5. Adi Waskita Dharma mengatakan:

    >betul juragan,,, tapi mengapa mikochok wedhus masih eksis di indonesia adalah mereka belum tahu bahwa windows itu bayar.. ha ha ha(bajakan is the best)

  6. amPuzz mengatakan:

    >linux emang bagus🙂

  7. Mr. Gondrong mengatakan:

    >@ admin: yup, server masih lebih baik dihandle pakai Linux.. salam kenal juga.. :)@ fun4u: ok. :)Makasih sdh mampir kemari.. salam..

  8. fun4u mengatakan:

    >Have a nice day and if you have some time than visit me and ki$$ me at http://adsense-adword-info.blogspot.com/

  9. admin mengatakan:

    >untuk yang mendalami server, aku pikir Linux masih terdepan…salam kenal kang🙂. nice article

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: