Distro Linux

Distribusi Linux atau lebih populer disebut dengan distro Linux biasanya menambahkan istilah GNU/Linux di belakang nama distronya, contoh: Debian GNU/Linux. Mengapa demikian? Berikut sedikit penjelasannya.

Distro adalah sebuah sistem operasi lengkap yang terdiri dari kernel Linux dan paket-paket aplikasi dari GNU. Linux adalah kernel dari suatu distro, yang mengatur semua interaksi antara software dan hardware. Sedangkan GNU adalah nama organisasi yang menaungi program/software open source.

Linux tidak dapat berdiri sendiri, karena Linux hanya sebuah kernel, yang menjadi tidak berguna bila tidak dipadu dengan aplikasi yang dapat dijalankan di atasnya. Oleh karena itu, distro Linux memiliki tambahan GNU/Linux di belakang namanya.

Pembuat distro melakukan pemilihan terhadap versi kernel Linux yang akan digunakan, dipadukan dengan software-software open source dari GNU agar menjadi sebuah sistem operasi yang lengkap dan siap digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Setiap distro memiliki keunikan, keunggulan, dan kelemahan tersendiri. Hal tersebut disesuaikan dengan tujuan distro tersebut dibuat. Ada yang menonjolkan kemudahan pengoperasian, keamanan, kestabilan, dan tujuan-tujuan lainnya.

Terdapat dua macam distro berdasarkan lisensinya. Ada distro yang berlisensi bebas, ada juga yang komersial. Distro yang berlisensi bebas di antaranya: Ubuntu, Mint, Debian, Fedora, Centos, Slackware, OpenSuse, dan lain-lain. Sedangkan yang komersial antara lain: Red Hat Enterprise Linux (RHEL), Suse Linux Enterprise Server/Desktop (SLES/SLED), dan lain-lain.

Karena terdapat bermacam-macam distro Linux yang tersedia, pilihlah distro yang paling sesuai dengan kebutuhan komputasi sehari-hari Anda.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: