Berhati-hatilah Saat Jadi Root!

Root bisa disebut sebagai penguasa/dewa di sistem Linux maupun BSD. Biasanya menggunakan hak akses root hanya bisa dilakukan oleh administrator sistem. Salah satu tujuannya adalah untuk memperbaiki/melakukan perubahan pada file system yang sifatnya sensitif dan cenderung mengandung unsur bahaya. Karena root bisa mengendalikan keseluruhan sistem, menghapus file system, bahkan memformat keseluruhan isi harddisk.

Bagi Anda yang menggunakan Linux untuk sistem operasi pada PC atau notebook pribadi Anda, secara otomatis Anda yang menjadi administrator, maka berhati-hatilah saat melakukan perubahan-perubahan di dalam sistem Anda. Gunakan hak akses root seperlunya. Apabila tidak melakukan perbaikan atau hal-hal yang menyangkut pengubahan pada sistem, sebaiknya gunakan akun user biasa.

Banyak distro yang menggunakan akun user secara default untuk login, saat pertama Anda menjalankan komputer Anda setelah fresh install, contohnya adalah Ubuntu, Mint, Debian, Fedora, dan lain-lain. Saat diinstall kita diharuskan memasukkan nama user dan password untuk login.

Berbeda dengan Slackware yang saat pertama kali dijalankan masih menggunakan akun root untuk login. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat satu akun lagi sebagai user biasa untuk melakukan kegiatan sehari-hari, kecuali untuk shutdown, karena Slackware hanya membolehkan root untuk mematikan komputer Anda.

Mengingat bahaya besar menghadang apabila tidak berhati-hati saat kita login sebagai root, gunakanlah hak akses root seperlunya dan secara bijak tentunya..🙂

3 Balasan ke Berhati-hatilah Saat Jadi Root!

  1. Mr. Gondrong mengatakan:

    >@ WongMbajar Bae: makasih sobat..@ Adi Waskita Dharma: Waw, lain kali hati2 dengan root ya.. hehe..makasih sudah mampir kemari..🙂

  2. Adi Waskita Dharma mengatakan:

    >saya pernah mengalami hal tragis akibat lupa bahwa saya masuk dalam akun root..saya lupa menghapus apa di dalam sistem.. yang membuat ubuntu saya error.. he he hehe.. and membutuhkan install ulang..

  3. WongMbajar Bae mengatakan:

    >nice post n blog, like this…….visite n follow me back pls…….http://bestfinance1.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: