Sekilas Tentang Ubuntu

Ubuntu adalah distro Linux yang sangat populer di kalangan pengguna dan pecinta Linux. Distro yang sangat powerfull untuk desktop, notebook, netbook, bahkan server. Ubuntu secara default menggunakan desktop environment GNOME, namun ada juga versi KDE yaitu Kubuntu, Xfce dengan Xubuntu, dan Edubuntu untuk versi pendidikan.

Ubuntu dibangun dari paket Debian unstable maupun testing, tapi jangan kecewa dulu, kata unstable ini dalam kacamata Debian. Kenyataannya, Ubuntu tetap stabil dan enak digunakan. Baik untuk hiburan maupun menunjang pekerjaan sehari-hari.

Ubuntu mengedepankan kemudahan dalam pengoperasian, dipadu dengan user interface yang ramah dan memanjakan mata. Tak heran Ubuntu jadi idola di kalangan pengguna Linux. Bisa dilihat dari rangking di situs Distrowatch, Ubuntu menempati peringkat pertama daftar pencarian distro.

Ubuntu memiliki jadwal rilis 6 bulan sekali, angka yang sangat cepat untuk mengupgrade OS komputer kita, setidaknya menurut saya. Akan tetapi, bagi Anda yang kurang suka bolak-balik install OS, bisa memilih Ubuntu versi Long Term Support (LTS) yang memiliki jadwal rilis lebih lama, kira-kita 1,5 sampai 2 tahun sekali.

Versi Ubuntu standar sampai saat ini adalah Ubuntu 10.10 dan untuk Long Term Support adalah Ubuntu 10.04 LTS. Dapat langsung didownload di sini.

Satu Balasan ke Sekilas Tentang Ubuntu

  1. […] adalah distro independen, artinya distro ini tidak tergantung dengan distro lainnya. Tidak seperti Ubuntu/Mint yang tergantung dengan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: