Sekilas Tentang Debian GNU/Linux

Sebelum membahas lebih jauh tentang Debian GNU/Linux, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Debian. Debian adalah salah satu distribusi/distro sistem operasi Linux. Distro Debian adalah distro independen, artinya distro ini tidak tergantung dengan distro lainnya. Tidak seperti Ubuntu/Mint yang tergantung dengan Debian.

Debian adalah sistem operasi universal, dikatakan universal karena distro ini  dapat digunakan di hampir semua arsitektur komputer. Debian dirancang untuk dapat digunakan pada server, desktop, maupun laptop. Distro ini dirancang untuk berjalan pada arsitektur i386, amd64, IA-64, ARM, Power-PC, dan lain-lain.

Debian menggunakan paket aplikasi berbasis dot deb (*.deb) dan manajemen paket “apt”, sehingga memudahkan penggunanya untuk menginstal software yang diinginkan dari repositori baik online repo maupun CD/DVD repo. Hanya perlu dipanggil dengan cara “apt-get install [paket yang akan diinstall]” untuk online atau “apt-cdrom install [paket yang akan diinstall]” bila menggunakan CD/DVD repository.

Bila Anda memiliki paket yang berekstensi dot deb (*.deb) di harddisk, dapat diinstall dengan cara “dpkg -i [nama paket.deb]” menggunakan terminal maupun dengan aplikasi “GDebi Package Installer” yang akan lebih memudahkan, hanya perlu “open with GDebi Package Installer“.

Versi stabil terakhir Debian saat ini adalah Debian 6.0 dengan julukan Squeeze, menggantikan old stable Debian 5.0.8 Lenny. Debian Squeeze memiliki lebih dari 29.000 paket dalam repositorinya, 5000+ lebih banyak dari paket Lenny.

Banyak kelebihan yang terdapat dalam sistem operasi ini, yaitu penggunaan memori (RAM) yang rendah, kompatibel dengan bermacam-macam arsitektur komputer, memiliki kestabilan kerja tingkat tinggi yang mungkin hanya bisa disaingi oleh RHEL dan Slackware. Oleh karena itu Debian sangat umum digunakan dalam komputer server. Juga baik digunakan untuk desktop maupun laptop.

Rilis stabil Debian cukup lama, berkisar antara 2-3 tahun sekali, tergantung dari kesiapan, tidak berdasarkan waktu. Hal itu juga membuat Debian cocok untuk komputer server.

4 Balasan ke Sekilas Tentang Debian GNU/Linux

  1. Apana Fai mengatakan:

    Mantap ditunggu konfigurasi router, proxy server dan lain-lainnya
    Insya Allah sangat bermanfaat dan semoga pahala kebaikannya untuk anda, Amiin

  2. terlantar mengatakan:

    walaupun klo di mata master ini g berguna, tapi nubie seperti saya , saya sangat membutuhkan ini, makasih SOB

    • Dian's mengatakan:

      saya sebenarnya juga bingung mau mulai dari mana sob.. hehe.. daripada yang baca ikutan bingung mending saya mulai dari awal. Untuk tutorial saya harus belajar dulu nih, biar gak salah waktu saya sajikan..
      salam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: