Banyak Baca, Banyak Tulis

Membaca adalah salah satu kegiatan wajib bagi blogger. Membaca memberikan banyak informasi dan pengetahuan, untuk selanjutnya disajikan kepada para pembaca blog kita.

Akan tetapi, salah satu kesalahan saya dalam blogging adalah terlalu banyak baca referensi, yang akibatnya saya kurang aktif dalam hal gores-menggores pena. Jadi kurang produktif dalam menghasilkan tulisan.

Mungkin Anda juga pernah merasakan hal yang seperti saya alami. Bila demikian, program penggalakan tulis-menulis, gores-menggores harus lebih ditingkatkan. Tidak hanya rajin membaca, namun juga rajin menulis, menuangkan ide-ide yang ada di kepala kita. Supaya tidak hilang dan tertelan waktu yang kejam ini. Haha.. Sok tahu saya..

Setelah “eneg” membaca, dan ada ide terlintas di kepala, langsung saja tuliskan, jangan ditunda. Mengalir seperti air. Bagaimana kalau macet? Baca lagi, pasti akan ada ide lagi di kepala, setelah itu tuliskan lagi sampai tuntas. Mungkin juga bisa ditemani secangkir kopi [bagi yang ngopi] dan alunan lagu kesayangan, dangdut misalnya. Dengan begitu, akan selalu ada tulisan yang kita produksi, bahkan setiap hari.

Seperti itulah sedikit nasehat yang saya dapatkan dari blogger-blogger produktif. Sayapun sekarang menjadi sadar dan terpacu untuk menerapkan hal tersebut. Bagaimana dengan Anda?

8 Balasan ke Banyak Baca, Banyak Tulis

  1. Mr. Gondrong mengatakan:

    >@ Syaifullah Arifin: Sip. "dengan blog aku yakin setiap org bisa rajin menulis dan membaca", mungkin ini tidak buat saya bulan lalu. Haha, becanda..@ matrudian: kalau baca-tulis terus, kapan mandinya? hahaha..πŸ™‚

  2. matrudian mengatakan:

    >ooo…begitu ya???ya ya ya…let's read n write now…hehehe…

  3. Syaifullah Arifin mengatakan:

    >Membaca dan menulis itu tidak bisa di pisahkan sobat q.. jika tak ada yg menulis bagaimana kita akan membaca…dan jika kita menulis pasti kita juga membaca …dengan blog aku yakin setiap org bisa rajin menulis dan membaca… serta menjadi lebih kreatif..

  4. Mr. Gondrong mengatakan:

    >@ Rofi: bener banget itu sobat. Dgn menjadwal kita bisa menghasilkan tulisan yang baik dan lengkap.Makasih tambahannya sobat.. salam..

  5. Rofi mengatakan:

    >Bagus banget postingnya, memang biasanya kalau kita tidak segera menggorekan pena, seringkali kita lupa apa yg pernah terlintas.Mungkin ada baiknya kalau kita bisa memprogram/jadwal Content post yang akan kita sampaikan dalam interval wkt tertentu. Misalnya minggu ini saya akan berbicara tentang A, minggu berikutnya B, dst…Disamping kita bisa fokus dengan hal tertentu, kita juga mendapatkan motivasi untuk berpikir, menggali dan mendalami informasi yang kita jadwal.

  6. Mr. Gondrong mengatakan:

    >@ chici: Mari.. Biar sehat. Hehe.. :)@ Adi Waskita Dharma: Lho, komentar kok malah minta maaf? Hehe.. Justru itu yang saya butuhkan, masukan dan ide dari teman2..πŸ™‚ Makasih masukannya mas, nanti saya coba.Maksih atas kunjungan dan masukannya..

  7. Adi Waskita Dharma mengatakan:

    >kalau saya sih.. membaca apa yang saya mau baca dan menulis apa yang saya baca..sebelum itu prinsip saya adalahmembaca apa yang ingin saya tulis, dan menulis apa yang banyak dibaca orang… jadi selama itu saya jadi kurang produktif deh, … begitu mas menurut saya.. maaf kalau kebanyakan komentar

  8. chici mengatakan:

    >Mari semangat membaca dan menulis (>o<)/

Tinggalkan Balasan

