Bosan Baca Berita

Akhir-akhir ini aku jadi malas baca berita, berita di internet maupun di koran. Karena begitu situs berita maupun koran dibuka, yang muncul pertama hampir selalu berita tentang PSSI, Gayus, dan curhat presiden yang katanya gajinya tidak naik-naik dari tujuh tahun lalu. Memang tidak semua, tapi kebanyakan seperti itu.

Akantetapi, yang paling membuatku malas adalah pemberitaan media tentang “Curhat Presiden”, yang dianggap tidak pantas dilontarkan di dalam forum resmi. Begitu banyaknya media yang menyoroti dan mengecam tindakan itu. Entah apa motif sebenarnya dari apa yang diberitakan. Seakan-akan ingin menjatuhkan kedudukan presiden.

Dengan berita-berita yang bernada sinis seperti itu, dampaknya bisa membuat popularitas dari presiden menurun. Artikel tersebut, ketika dibaca orang awam, dapat membentuk pola pikir dari pembaca. Ketika presiden tidak lagi dipercaya, akan timbul masalah baru, pemberontakan pastinya, padahal masalah-masalah yang ada kini, terutama korupsi tak kunjung selesai.

Kritis dalam menyoroti kinerja pemerintah itu sangat diperlukan, sebagai koreksi bagi pemerintah. Namun, ketika berlebihan, justru akan menambah kerumitan masalah. Masalah yang sebenarnya kecil, ketika masuk media, malah menjadi besar. Apalagi, judulnya terkesan dibesar-besarkan. Tidak percaya? Silahkan mencari artikel-artikel yang kumaksud.

Pemilihan kata dalam menentukan judul berita sangat mutlak perlu. Memang, judul yang “panas”, yang “bombastis” lebih menjual, bisa menarik pembaca lebih banyak, tapi alangkah lebih baiknya untuk tidak terlalu membesar-besarkan masalah yang sifatnya sensitif, yang nantinya akan berujung kesalahpahaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: