Karburator Ukuran Besar Belum Tentu Bikin Kencang

Pernah punya keinginan untuk mengganti ukuran karburator sepeda motor menjadi lebih besar? Bagi yang pernah, apa yang sebenarnya ingin didapatkan dari penggantian tersebut? Power mesin? Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, memang penggantian karburator memberikan “sedikit” efek peningkatan power pada mesin sepeda motor kita.

Penggantian Karburator dengan ukuran besar dapat memberikan efek yang lebih besar apabila disertai dengan beberapa ubahan di sektor ruang bakar, salah satu contohnya pembesaran kapasitas ruang bakar (bore-up). Karena karburator bertugas mensuplai bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin. Kelebihan bahan bakar justru tidak baik.

Pada mesin standar, penggantian karburator original sepeda motor dengan yang berukuran lebih besar mengurangi efisiensi dari sepeda motor kita. Semakin banyak “minuman” (bahan bakar) yang kita berikan, semakin banyak pula bahan bakar yang tidak dikonversi menjadi tenaga di dalam ruang bakar. Malahan banyak yang terbuang karena tidak semua kabut bahan bakar terbakar. Bahan bakar merupakan hidrokarbon (HC), jika banyak yang terbuang begitu saja ke atmosfer, dapat menyebabkan peningkatan polusi udara.

Wah, membahayakan diri sendiri dan orang lain donk..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: