Tips Irit Bahan Bakar

image Sering kali kita mengeluh karena kendaraan bermotor kita boros bahan bakar. “Baru diisi dua hari yang lalu, sekarang sudah hampir habis, padahal tidak dipakai perjalanan jauh.” Kata-kata itu sering saya dengar dari beberapa teman saya.

Pernahkah kita sadar bagaimana cara berkendara kita? Cara berkendara juga mempengaruhi boros atau tidaknya kendaraan kita. Sebenarnya tidak ada patokan yang pasti bagaimana cara berkendara yang baik. Semuanya tergantung pemilik kendaraan.

Namun, apabila ditanya bagaimana cara berkendara yang bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih irit, ini tipsnya:

  • Berakselerasi dengan halus. Berakselerasi dengan cara menarik atau menginjak gas perlahan. Dengan begitu kita mengurangi bahan bakar yang hilang percuma (apabila dibandingkan dengan akselerasi mendadak).
  • Membatasi kelajuan. Batasilah kelajuan kendaraan kita saat di jalan, terlebih terdapat rambu-rambu batas kelajuan.
  • Segera memindah gigi persneling apabila sudah mencapai setengah dari putaran mesin maksimum. Ada yang berpendapat, menggunakan gigi persneling paling tinggi akan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Ini tidak sepenuhnya benar, terlebih jika kita berkendara pada kelajuan rendah, justru akan memberatkan kerja mesin. Jadi gunakanlah gigi persneling sesuai dengan kelajuan berkendara kita.
  • Hindari mengangkut beban berat. Membawa beban berat, membuat mesin harus bekerja ekstra, sehingga konsumsi bahan bakar juga meningkat.
  • Rajin memeriksa tekanan udara ban. Ban yang kempes membuat kerja mesin bertambah, ujung-ujungnya boros bahan bakar.
  • Kurangi pemakaian pendingin udara (AC). Penggunaan AC membuat bahan bakar menjadi lebih boros. Gunakan AC kendaraan seperlunya dan batasi temperaturnya.
  • Jaga jarak dengan kendaraan di depan kita. Menjaga jarak dengan kendaraan di depan kita, selain menurunkan resiko terjadinya kecelakaan, ternyata juga dapat membuat kendaraan kita lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar. Menempel terlalu dekat pada kendaraan di depan kita membuat kita sering menginjak rem, lalu berakselerasi kembali. Hal tersebut membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.
  • Mengetahui beberapa jalan alternatif. Ini dimaksudkan mengindari kemacetan yang pasti sangat menguras bahan bakar.
  • Sabar. Kesabaran saat di jalan, membuat kita tidak mudah terpancing untuk membuat kendaraan kita melaju kencang seperti seorang pembalap. Kesabaran dalam membatasi kelajuan, putaran mesin dapat mengurangi konsumsi bahan bakar. Kesabaran berkendara juga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Selain cara berkendara seperti di atas, salah satu cara agar kendaraan irit bahan bakar adalah melakukan perawatan rutin sesuai jadwal seperti yang di rekomendasikan pabrik pembuat kendaraan. Dengan begitu kendaraan kita dapat beroperasi sesuai dengen yang kita harapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: