Hati-Hati Logical Partition!

image Tadi malam saya mencoba untuk mengatur partisi di harddisk komputer saya. Dengan maksud ingin menata partisi agar terlihat rapi dan enak dipandang. Setelah memindah semua data penting ke partisi yang saya anggap cukup untuk menampung data-data penting tersebut, saya mulai bermain-main dengan partisi di komputer saya.

Namun tak disangka, partisi yang saya hapus adalah Logical Partition di sebelah partisi yang saya anggap aman, sehingga partisi tempat saya meletakkan data-data pentingpun ikut “musnah”. Gara-gara panik, saya langsung merestart komputer saya, berharap semua yang telah saya ubah akan kembali seperti sedia kala. Namun semua sudah terlambat, semua operasi tidak bisa di-undo.

Setelah frustasi dengan kejadian tersebut, saya langsung browsing mencari tahu tentang apa saja karakteristik logical partition. Ternyata logical partition adalah partisi yang dibuat di dalam partisi sebelumnya. Jadi pertisi tersebut hanya ada di dalam logika harddisk, tidak seperti Pimary Partition. Logical partition hanya “nebeng” di partisi sebelumnya. Ketika partisi primary sebelumnya dihapus, maka logical partition setelahnya juga akan ikut hilang.

Sungguh membuat sakit hati, karena semua data kuliah dan album foto, berikut beratus-ratus film ikut hilang karena kurang mengerti mengenai partisi di dalam harddisk. Pengalaman yang sangat berharga, dan semoga tidak akan terjadi lagi di kemudian hari pada saya dan para pembaca.

Berhati-hatilah saat mengatur partisi harddisk komputer Anda, karena data jauh lebih mahal daripada harga harddisk. Pembaca sekalian pasti tidak ingin data dan album-album kesayangan di waktu lalu musnah karena suatu kesalahan dalam tempat penyimpanan digital yang bernama “Harddisk” bukan??

Tinggalkan Balasan

