Prinsip Kerja Karburator

image Karburator adalah komponen penting kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil yang berbahan bakar bensin (mesin Otto). Berfungsi untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum masuk ruang bakar pada Internal Combustion Engine. Meskipun sekarang sudah mulai tergantikan oleh sistem Injeksi yang lebih efisien, namun karburator masih dipilih karena dinilai lebih ekonomis harganya (murah) dan lebih mudah dalam hal maintenance.

Tidak seperti sistem injeksi yang harus pergi ke bengkel resmi untuk menservisnya, karena sistem injeksi lebih banyak dikontrol oleh perangkat elektronik yang harganya juga mahal.

Namun, tahukah kita sebenarnya bagaimana karburator bisa bekerja, sehingga kendaraan kita bisa digunakan sehari-hari?

Karburator bekerja menggunakan prinsip Bernoulli. Semakin cepat aliran udara melewati karburator, tekanan statisnya akan menurun, sebaliknya tekanan dinamis akan meningkat.

Tarikan handle gas pada sepeda motor atau pedal gas pada mobil hanya berfungsi untuk mengatur bukaan throttle. Besar-kecilnya bukaan throttle inilah yang mengendalikan jumlah aliran udara yang bisa masuk ke ruang bakar melewati karburator. Aliran udara yang melewati karburator ini membuat tekanan statis menurun, sehingga bahan bakar bisa naik dari mangkuk karburator dan tercampur dengan udara hingga akhirnya masuk ke dalam ruang bakar.

Sebelum masuk ke ruang bakar, campuran udara dengan bahan bakar melewati intake manifold yang berfungsi untuk menyalurkan kabut (udara + bahan bakar) agar bisa sampai di ruang bakar. Di ruang bakar inilah akhirnya energi kimia yang terkandung dalam bahan bakar dikonvesikan menjadi energi gerak piston.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: